Ji Jingga

Ji Jingga
Ibo

Rabu, 06 Juni 2012

ASYIKNYA PENELITIAN BERSAMA ARGUMENTASI



Sabtu , 19 Mei 2012 kami angkatan 2010 ( Argumentasi ) berangkat ke Pulau Samalona, pulau ini dijadikan sebagai objek penelitian mata kuliah Metode Penelitian Kebudayaan. Pulau ini kami pilih dengan berbagai kendala, karena rencana pertama yaitu Selayar tapi berbagai halangan yang menjadikan Selayar di batal.
Pulau Samalona merupakan salah satu objek wisata yang terletak di perairan Makassar, pulau ini masuk di wilayah kecamatan Mariso, kelurahan Mariso. Pulau ini memiliki luas 2 hektar, jarak dari kota Makassar ±7 kilometer. Pulau ini memiliki potensi wisata yang baik, laut yang luas pada siang hari tampak dua warna yaitu biru dan hijau, sejauh mata memandang hanya laut.
Perjalanan ditempuh sekitar ±20 menit dengan menggunakan sekoci , dengan tarif Rp. 300.000, selama di perjalanan mata ini tidak lepas dari pandangan laut yang indah dan jernih sangat memanjakan mata. Sampai disana kami lagsung makan dan dibagi dalam tiga kelompok untuk meneliti kebudayaan yang ada di pulau ini
Saya memulai penelitian bersama teman –teman, pada penelitian ini banyak pengalaman yan saya dapatkan salah satunya ketika kami ingin mewawancarai salah seorang penduduk local di pulau tersebut, tetapi dia tidak mau dan pergi. Ada juga seorang ibu yang tidak ingin diwawancarai karena ia baru sembuh dari lumpuh, tapi ketika saya duduk – duduk di bale – bale yang disewakan untuk para pengunjung ia datang dan berbaring di dekat saya singkat cerita saya bercerita dengan ibu tersebut dan ia menceritakan tengtang pulau tersebut, sampai – sampai ibu tersebut menjawab semua pertanyaan yang saya ajukan. Adapun hasil penelitian yang kami dapatkan  tentang pendidikan di Pulau Samalona yaitu, tingkat pendidikan warga di pulau ini sangat tinggi karena rata – rata anak yang lahir di pulau ini akan di sekolahkan oleh orang tua mereka di luar pulau hingga mencapai gelar sarjana. Walaupun tidak terdapat satupun bangku sekolah di pulau ini, tidak menjadi kendala bagi warga untuk menyekolahkan anaknya di luar pulau demi menjaga kelangsungan dan kesejahtraan hidup keluarga mereka.
Seluruh warga yang mendiami pulau ini memilki hubungan kekerabatan hal ini disebabkan karena silsilah keturunan mereka yang berasal dari orang yang sama, katanya, leluhur mereka berasal dari Barombong dan sekaligus penemu dari pulau ini. Setelah pemerintah kolonial Belanda masuk di Makassar sekitar tahun 1902 banyak dari tentara – teantara Belanda yang tinggal berdampingan dengan mereka di Pulau Samalona ini. Pulau ini dulunya merupakan jalur persinggahan nelayan – nelayan yang  mendiami beberapa pulau kecil yang berbatasan dengan pulau ini. Sebab itulah , kenapa pulau ini diberi nama Samalona, sama yang berarti selalu, dan lona berarti dilewati.
Di pulau ini sendiri sering ditemukan benda – benda peninggalan sejarah seperti artefak, guci, bahkan tengkorak pun sering ditemukan di pulau ini. Menurut kepala RT di pulau ini sebenarnya sudah penuh dengan kuburan namun nisan mereka dicabut dengan kemudian diratakan kembali dengan tanah agar dapat dibanguni bangunan – bangunan sekarang pulau ini telah mulai padat dengan rumah – rumah, pondokan, bahkan di pulau ini sudah terdapat satu buah Mushalla dan satu buah villa dan beberapa gazebo, karena besarnya potensi wisata yang dimilki pulau ini, pemerintah sering melobi warga untuk melakukan kerja sama dalam mengelola pulau ini, namun ajakan pemerintah itu selalu ditolak warga karena keuntungan bisa jadi lebih banyak akan didapatkan oleh pemerintah.
Setelah kegiatan meneliti ini selesai  kami pun berfoto – foto dan menikmati indahnya laut Pulau samalona, pada sore hari kami bermain volley di samping rumah dengan riang canda yang penuh kegembiraan permainan volley ini sangat mengasikkan karena permainan ini banyak terjadi kecurangan karena banyak teman yang melewati garis batas lawan setelah bermain di samping rumah, kami pindah ke pinggir laut yang berpasir putih permainan ini tambah seru karena di pasirr ini kami banyak yang sering jatuh ketika mau mengambil bola, kami bermain bersama dosen kami yang merupakan dosen penanggung jawab mata kuliah, dosen kami ini sangat akrab dengan kami, setela bermain saya berjalan – jalan ke pinggir laut dan melihat teman yang asyik berenang dan menikmati segarnya air laut Pulau Samalona, banyak teman yang menyewa kaca mata renang yang disewakan oleh penduduk disana dengan tarif Rp. 10.000, setelah berjalan – jalan dan waktu sudah hampir magrib kami pun pulang dan bersih – bersih.
Pada malam harinya kami bercerita bersama teman angkatan dalam lingkar kekeluargaan yang hangat, kami bercerita sampai larut malam dan saya juga bermain kartu bersama empat teman yang lain permainan ini sangat lucu karena salah seorang teman yang langsung menangkap teman yang lain, tapi kartunya belum lengkap, ketika saya melihat kartunya saya langsung tertawa terbahak – bahak dan teman yang lain juga itu tertawa suasana semakin ribut sampai – sampai ada teman yang terbangun dari tidurnya dan marah. Saya sendiri begadang sampai pukul 03.00 pagi karena ingin menonton pertandingan bola, sambil menunggu kami bernyanyi dan diiringi gitar.
Di tengah asyiknya teman bermain saya tertidur di bale – bale tapi ketika saya terbangun dan saya pindah ke atas dan lucunya lagi saya tidur dekat kantongan sampah dan saya dikerumuni semut dan membuat badan saya gatal, karena gatal yang tidak bisa tertahankan lagi, jadi saya pindah ke dalam kamar dan tertidur sekitar 10 menit.
Minggu, 20 Mei 2012 pada pagi hari kami bermain sepak bola di pinggir laut, permainan  sangat menyenangkan karena para pemain merupakan group campuran dimana dalam satu team ada cowok dan cewek. Permainan sangat seru tapi melelahkan karena bermain dengan cowok menguras tenaga yang cukup banyak ditengah permainan anak yang memiliki bola tersebut meminta bolanya dan kami berhenti, setelah bermain saya pun turun ke laut untuk menikmati air laut pulau ini. Saya bermain di air cukup lama. Karena waktu yang terbatas pada hari itu jadi saya naik ke darat untuk mandi dan bersiap – siap untuk pulang sebelum pulang kami makan dan sempat berfoto – foto , setelah makan kami bersiap – siap dan membersihkan rumah, tapi masih ada teman yang asyik bermain di laut, sekitar jam 11 lewat kami pun meninggalkan pulau tersebut dengan menggunakan sekoci, dalam perjalanan pulang sekoci kami sempat mati di tengah laut dan kami yang ada di atas sekoci menjadi takut tapi itu berlangsung beberapa menit, baling – baling sekoci tersebut tersangkut dengan kotoran yang ada di laut tapi ketika sekoci kami kembali mati tapi itu bisa teratasi. Sekitar jam 12 kami sampai di daratan kota Makassar dengan selamat. Satu pesan saya “ menjaga kebersihan laut sama halnya kita mempertahankan keindahanya

DDF SEMESTER 2


1.      Buatlah iktisar sejarah filsafat barat dan sejarah filsafat Timur dengan pokok bahasanya masing-masing?
Jawab: A. SEJARAH FILSAFAT BARAT
1.      Sejarah Filsafat Yunani
1.      Filsafat sebelum Socrates
a.       Filsafat alam
b.      Filsafat menjadi
c.       Filsafat ada
d.      Filsafat elea
2.      Filsafat Socrates
a.       Filsafat Antropologi
b.      Filsafat manusia
3.      Filsat setelah Socrates
a.       Filsafat Plato
b.      Filsafat Aristoteles
c.       Filsafat Epicurisme
d.      Filsafat Stoa
e.       Filsafat Neokantianisme
2.      Filsafat Eropa
1.      Filsafat abad permulaan
a        Filsafat patristik
2.      Filsafat abad pertengahan
a        Filsafat scholastik
b        Filsafat islam
3.      Filsafat abad peralihan
a        Filsafat renaisance
b        Filsafat roantik
4.      Filsafat abad modern
a.       Filsafat rationalisme
b.      Filsafat empirisme
c.       Filsafat kriticisme
5.      Filsafat abad kontemporer
a)     Filsafat dewasa ini
b)     Aliran-aliran dalam filsafat Barat
1.      Idealisme - pragmatisme 
2.      Tradisional – materialisme  
3.      Positivisme – realisme kritis
4.      Evolusionisme – estensialisme
5.      Neotelianisme
B. SEJARAH FILSAFAT TIMUR
     1. Sejarah filsafat India-filsafat Hindia
1. Filsafat vedisma
2. Filsafat brahmanisma
3. Filsafat budhisma
2.Filsafat cina
1. Filsafat cina kuno/klasik
2. Filsafat pembauran – Neo Taoisme
3. Filsafat Budhisme – Neo konfusionisme
4. Filsafat modren – Pragmatisme – materialisme

2.      Mengapa filsafat Yunani permulaan filsafat Eropa? Jelaskan!
Jawab:
              filsafat Yunani merupakan permulaan filsafat Eropa karena filsafat Eropa muncul pada masa kerajaan roma yang tidak ada ahli-ahli filsafat yang menghasilkan penyelidikan filsafat yang tersendiri yang biasanya hanya berpangkal pada Yunani saja.

3.      Tuliskan filosofi-filosofi yang terkenal sebelum masa Socrates dan pendapatnya masing-masing tentang arlien alam ini.
Jawab: .
filosofi-filosofi yang terkenal:
v    Thales (624-548) berpendapat bahwa dasar pertama atau intisari alam adalah air
v     Anaximandros  mengatakan bahwa dasar pertama adalah zat yang tak tertentu, sifat-sifatnya dinamai TOAPERIN
v     Anaximenes ( 590-528) mengatakan bahwa intisari alam atau dasar pertamanya ialah udara, karena udaralah yang meliputi seluruh alam serta udara pulalah yang menjadi dasar hidup bagi manusia yang amat diperlukan oleh nafasnya.
v     Pitagoras ( t532 ) mengatakan bahwa segala sesuatunya ialah biangan, tahu jugalah ia akan segala sesuatunya.
v      Herakleitus (535-475) mengatakan bahwa didunia ini segala sesuatunya berubah, yang  menjadi sebab atau keterangan yang sedalam-dalamnya itu ialah gerak, perubahan atau menjadi.
v     Parmenides ( 540-475 ) mengatakan pengetahuan indra itu tak dapat dipercayai, pengetahuan ada dua macam yaitu: pengetahuan sebenarnya dan pengetahuan semu.

4.Dimana letak perbedaan antara filsafat Heraclitius dan filsafat Panitenides
Jawab: .
 letak perbedaannya yaitu
v  Filsafat Herakleitos yaitu amat mengutamakan kemampuan indra, apa yang tak tersentuh lagi oleh indra itu tidak benar dan budi tidak mungkin mencapai kebenaran.
v  Filsafat Parmenides yaitu mengingkari gerak, perubahan atau menjadi, ia amat mengutamakan pengetahuan budi sehingga mengabaikan pengetahuan indra sama sekali, pengetahuan indra tidak mampu mencapai kebenaran.\

5.   Tuliskan pokok-pokok ajaran Socrates yang berbeda dengan ajaran filsafat sebelumnya dan apa semboyan Socrtes yang terkenal?
Jawab:
                 a. pokok ajaran Socrates yaitu dipusatkan pada manusia terutama pada tingkalakunya. Filsafat tidak lain dari usaha melalui pengertian (sejati) untuk mencapai kebijakan.
b. semboyan Socrates adalah GONOTHY SHANTHON yang artinya manusia harus mengenal dirinya masing-masing agar dapat mengarah ke arah kebijakan
6.   Sebutkan dua filsafat yang besar sesudah Socrates yang sangat populer dan berpengaruh, serta tuliskan karyanya masing-masing!
Jawab: .
          Filosof-filosof besar sesudah Socrates
1.Plato menurutnya hanya para bijaksana saja yang dapat dan patut menjadi pengemudi negara, karena ia takkan selalu terlibat oleh hal-hal yang kebetulan, yang berubah-ubah dan bermacam-macam malainkan ia akan mempunyai pendapat dan pendirian tetap. Karya-karyanya yaitu pembedaan Socrates, Georgias, meno, symposion, politica, sophistes, dan hukum.
2.Aristoteles berpendapat bahwa tiap-tiap hd, bahkan pada semua hal yang terbatas adanya, harus ada unsur kesamaan dan ketidaksamaan atau permacam-macaman karya-karyanya yaitu:
a.       Logika : biasanya disebut organo (alat) memberotakan tentang pengertian, putusan, syllogismus, bukti,dll.
b.      Fisika : tentang alam, langit, binatang, hewan, dan jiwa
c.       Metafisika : buku-buku yang terutama tentang filsafat pada waktu itu ditempatkan dibelakang buku-buku fisika kemudian kata metaphysica berarti filsafat.
d.      Pengetahuan praktis : ethica, akdemia, nicho machea, kedua-duanya tentang tingka laku, republica antheniensium ( tata negara atena ), retorica ( tentang berceramah dan berpidato ) dan poetica.

7.   Tuliskan 4 aliran besar sesudah masa Socrates dan bagaimana pendapat masing-masing aliran itu?
Jawab:
aliran-aliran sesudah Socrates
1.      Epicurisme menurutnya sumber pengetahuan ialah pengalaman, pengalaman berkali-kali dapat mengakibatkan pengertian yang dapat membawa orang pada pengetahuan tentang dasar-dasar yang sedalam-dalamnya dan tersembunyi.
2.      Stoa, tokohnya bernama zero, menurutnya orang yang bijaksana melepaskan segala rasa, ia bebas dari segala nafs. Hanya usaha mencari kebajikan itulah yang tertinggi dan kebijakan tertinggi adalah kebijakasanaan.
3.      Skepsis tentang tingka laku manusia berdasarkan logika, menurutnya supaya orang jangan tidak bahagia, supaya ia sudah dapat bijaksana ( mempunyai ketenangan hidup ), maka haruslah ia tidak mengambil putusan, orang yang tidak pernah mengambil putusan tidak pernah keliru.
4.      Neoplatonisme/platinos berpendapat bahwa dalam intinya dan dalam hakekatnya ada itu  sungguh-sungguh hanya satu belaka, Tuhan dan semua ( lainnya ) berhakekat sama.

8.   Bagaimana sikap masyarakat yang menganut ajaran agama baru berdasarkan wahyu Tuhan terhadap pandangan hidup filsafat Yunani?
Jawab: .
          sikap masyarakat Eropa:
1.   Ada yang menolak filsafat yunani karena dianggap kebijaksanaan kafir, satu-satunya kebijaksanaan ialah kebenaran yang difirmankan Tuhan, wahyu, baik yang tertulis pada kitab suci maupun yang tidak tertulis.
2.   Ada pula yang dapat menerima filsafat yunani sebagai kebijaksanaan manusia, karena manusia ciptaan Tuhan, jadi kebijaksanaan berasal dari Tuhan juga.

9.   Tuliskan pokok pendapat para tokoh penganut aliran patristik pada abad permulaan?
Jawab:
            Tokoh-tokoh penganut aliran patristik diabad permulaan:
1.Tertulianus, berpendapat kerohanian tidak terlalu terang, ia terpengaruh oleh pendapat Stoa yang materialistis.
2.Agustinus ( 354-430 ) pokok-pokok pendapatnya:
v  Budi dapat mencapai kebenaran dan kepastian berdasarkan atas realitas yang baka.
v  Dalam antropologi dan etika, menurutnya kejahatan atau dosa itu terletak pada kehendak yang bebas memilih jasmani serta dengan memustahilkan jalannya kepada Tuhan, maka berdosalah ia.
v  Pengetahuan manusia dimulai dari pengalaman indra
v  Dengan tahu dan cinta manusia kenal kepada Tuhan

10.  Terangkan apa saja yang anda ketahui tentang ajaran-ajaran skolastik yang di pelopori oleh pather-pather ( pemula ajaran kristiani )
Jawab:
                     adapun yang saya ketahui tentang airan scholastik yang dipelopori oleh pather pather ialah:
v  Aliran scholastik berkembang setelah adanya pengumuman di Milano, oleh kerajan Roma kemerdekaan agama.
v  Berkembangnya sekolah-sekolah katolik
v  Shcolastik berpikir dalam penerangan agama, pendapatnya tidak berdasarkan wahyu.
v  Berdirinya Universitas ordo dilingkungan katolik untuk para biarawan yang hendak mencapai kesempurnaan hidup.

11.  Sebutkan tiga aliran besar di Eropa yang termasuk filsafat modern dan bagaimana pendapat masing-masing aliran itu?
Jawab: aliran-aliran filsafat besar Eropa sebagai aliran filsafta modern:
a.       Rasionalisme penganutnya:
v  Descartes menurutnya budi atau rasidah yang menjadi sumber dan pangkal segala pengertian dan budilah yang memegang pimpinan dalam segala pengertian.
v  Zpinoza menurutnya aturan dan hukum yang terdapat pada semua hal itu tidak lain dari aturan dan hukum yang terdapat pada idea.
v  Leibniz menurutnya Tuhan itu tersendent artinya Tuhan ada diluar makhluk, Tuhan merupakan dasar segala rentetan yang ada.
b.      Empirisme penganutnya:
v  Francis Bacon menurutnya pengetahuan yang sebenarnya tentu saja pengetahuan yang diterima melalui persentuhan indranya dengan dunia fakta dan alam.
v  Thomas Humbbes ( 1588-1679 ) mengatakan bahwa persentuhan dengan indra ( empiri ) itulah yang menjadi pangkal dam sumber pengetahuan.
v  Jhon Locke ( 1632-1704 ) menurutnya untuk mencapai kebenaran tiap-tiap pengetahuan itu trjadi dari kerjasama antara sensation dan reflection.
v  David Hume menurutnya seluruh pengetahuan itu tak lain dari jumlah pengalaman.
c.       Kriticisme Penganutnya :
v  Immanuel Kant (1724-1804) menurutnya budi dan objek yaitu bukanlah budi (pengeahuan) kita terarahkan pada benda (objek) melainkan objeklah yang terarahkan kepada budi kita, dibentuk, diatur oleh budi kita dalam waktu dan ruang.
12.  Sebutkan para tokoh penganut aliran itu dan negara Eropa lainnya?
Jawab:
v  Descrates
v  Bacon
v  Spinosa
v  Leibniz
v  Thomas Hobbes
v  Jhon locke
v  David Hume
v  Imanuel Kant

13.  Sebutkan aliran besar filsafat dewasa dan apa inti filsafatnya masing-masing?
Jawab:
v  Idealisme
v  Tradisionalisme
v  Positivisme
v  Evolusionisme
v  Materialisme
v  Neokantanisme
v  Pragmatisme
v  Realisme kritis
v  Neohegalianisme
v  Filsafat hidup

14.  Terangkan hakekat filsafat Hindu yang membedakan dengan filsafat Yunani?
Jawab:
                     perbedaannya yaitu jika ditanah Yunani ahli pikir mencurahkan tenaganya untuk mencapai kebenaran, ahli Filsafat Hindu berfikir untuk mencari kebenaran yang baginya merupakan kesempurnaan. Memang orang hidup pun mencari kebenaran, tetapi tidaklah demi kebenaran memiliki /demi kebebasan belaka, melainkan untuk bebas dari dunia.
15.  Terangkan dengan singkat apa yang anda ketahui tentang veda dan rita dalam filsafat Hindu?
Jawab:
a.       Veda adalah badan yang dihormati benar oleh masyarakat Hindu. isi veda adalah semua yang bersangkutan dengan upacara terutama korban.
b.      Rita adalah hukum dn aturan yang tidak dapat dan tidak boleh diabaikan atau dilanggar.
16.  Jelaskan arti: - Brahma                  -Brahma ( atman )
- Brahmana              -brahmanisme
Jawab:
         - Brahma (korban) adlah pusat alam semesta yang menguasai segala-galanya.
- Brahmana (ahli korban) adlah tingkatan tertinggi dalam masyarakat Hindu.
- Brahma ( atman ) adalah satu-satunya realitas, yang tak terbatas dan tak berakhir dan bermula, baka, sempurna dan mulak.
- Brahmanisme adalah keseluruhan hasil renungan para brahmana tentang manusia dan alam semesta.  
17. terangkan apa yang dimaksud:
a.       Arnyaka
b.      Samkya
c.       Asrama
d.      Upanisad
e.       Yoga
f.        Moksa
Jawab :
            a. . Arnyaka yaitu memuat renungan dan keterangan semacam kias.
b. Samkya yaitu aliran yang amat besar pnganutnya dalam alam pikira manusia. Aliran ini menerima adanya materi dan bahan. 
c. asrama adalah pemberian didikan yang memiliki empat tingkatan hidup bagi brahmana karena tugasnya yang berat dan penting.
d. upanishad yaitu penuh dengan renungan, filsafat dan berpengaruh besar terhadap alam fikiran hindu.
e. yoga yaitu cara atau metode untuk mencapai kebahagiaan yang sempurna.
f. moska yait baik yaitu kebebasa manusia dari segala ikatan dunia.

18   tuliskan ajaran sang Budha dan tuliskan empat sila yang terbaik terhadap segala sesuatu?
Jawab:
                     a. ajaran sang Budha yaitu penerangan dan yang dimaksudkan ialah guru yang mempunyai seluruh penerangan, mempunyai seluruh kebenaran : kebenaran pengetahuan sejati.
b        Sila-sila empat yang baik yaitu :
v  Sila pertama, yaitu ahimsa/kehalusan maksudnya yaitu haruslah kita berbelas kasih terhadap segala makhluk.
v  Sila kedua, janganlah orang mengambil sesuatu yang  tidak dengan tulus, ikhlas disajikan kepadanya.
v  Sila ketiga, bagi orang yang berkeluarga hendaklah setia kepada suami atau istrinya dan tidak melakukan yang cabul.
v  Sila keempat, haruslah ia lurus hati dan cinta kepada kebenaran.

19.  tuliskan inti sari pemikiran filsafat cina dan bagaimana hubungan antara kebudayaan, agama, dan filsafat? 
Jawab:
                                     inti sari dari pemikiran filsafat cina yaitu seperti halnya filsafat Hindia, filsafat Cina juga erat hubungannya dengan keaddaan alam dan masyarakat. Bangsa yang hidup di daratan Cina menurut ilmuan yang bernama Ku Yen Wu (1632-1083) dapat dibedakan menjadi dua yaitu orang yang hidup disebelah utara dan selatan sungai Huangho. Adapun hubungan antara kebudayaan, agama dan filsafat yaitu karena filsafat Cina mempunyai ciri khusus yang menjadi tema dri filsafat dan kebudayaan yaitu “Jen” menurut Confucious “Jen” mempunyai dua segi yaitu segi positif (chung) dan segi negatif (shu), jadi pemikiran filsafat Cina bersifat lebih antroposentris artinya menitikberatkan pada manusia. Adapun hubungan antara kebudayaan, agama dan filsafat ketiga-tiganya berbaur menjadi satu.

20.  sebutkan aliran filsafterat cina klasik dan titik berat ajarannya masing-masing?
Jawab :
a.       Konfusianisme – Ju Chia yaitu suatu aliran terdiri dari orang-orang terpelajar yang mempunyai ahli dibidang tertentu. Kitab-kitab klasi titik berat ajaran aliran ini dibidang etika.
b.      Taoisme : Tao Te Chia yaitu mazhab yang  terdiri dari orang-orang terpelajar dan mengalami kekecewaan karena keadaan negara pada itu mengalami kemunduran dan pokok ajarannya mengenai metafisika dan filsafat sosial.
c.       Mazhab Yin Yang : Yin Yang Chia yaitu mazhab yang dipelopori oleh orang-orang  yang pada mulanya mempunyai kedudukan penting dalam istana. Aliran ini mengajarkan bahwa didalam alam semesta itu ada lima unsur asal yaitu tanah, logam, kayu, air, dan api.
d.      Mohisme atau Mochia yaitu suatu aliran yang terdiri dari kelompok kaum kastrian yang telah kehilangan kedudukannya. Aliran ini mengajarkan disiplin, taat, dan setia kepada guru. Dikenal sebagai aliran utulitaristis.
e.       Dialetfisme Ming Chia yaitu aliran yang dipelopori oleh orang-orang yang ahli dalam bidang debat dan pidato. Ajarannya mengenai kritik dalam mempertajam dan memperjelas perhatian manusia dalam pengguanaan bahasa yang tepat, terlebih-lebih mengenai tata bahasa.
f.        Legalisme Fa Chia yaitu aliran yang dipelopori oleh orang-orang yang ahli dibidang pemerintahan, mereka menawarkan kepandaiannya kepada para penguasa diberbagai daerah. Pokok ajarannya yaitu pemerintahan yang baik harus didasarkan pada kitab undang-undang yang tetap dan tidak didasarkan pada pendapat orang-orang baik dalam bidang pemerintahan maupun dalam bidang moral.


21.  terangkan dengan singkat pokok filsafat cina pada saat abad  pembauran, neo konfusionisme, dan modern?
Jawab :
a.       zaman pembaharuan/neotaouisme-budhisme yaitu ditandai dengan masuknya budhisme dan India, yang kemudian berkembang pesat di Cina dan memberikan warna baru bagi pemikiran kefilsafatan Cina. Aliraan baru :
v  budhisme (chan budhisme) lahir karena berbaurnya budhisme dengan alam pemikiran filsafat cina.
v  Konfusionismea adalah hasil pembauran aliran-aliran filsafat yang berkembang pada waktu itu yaitu neo taoisme, budhisme dan konfusionisme ortodox.
b.      Zaman neo konfusionisme yaitu ditandai dengan adanya gerakan untuk kembali kepada ajaran-ajaran konfusias asli tapi banyak dipengaruhi filsafat budhisme sehingga konfusius tidak mengajarkan metafisika bahkan menentangnya.
c.       Zaman modern yaitu banyak dipengaruhi oleh pemikiran-pemikiran yang berasal dari barat, karena banyaknya paderi-paderi yang masuk kedaratan dan alirannya yang paling berpengruh adalah aliran pragmatisg dari Amerika Serikat.